Minggu, 03 Agustus 2014

Panduan Bikin Ayam Bakar Atau Panggang Yang Perlu Dipelajari

Biasanya ayam yang digunakan untuk bikin ayam bakar/panggang yaitu ayam broiler atau pedaging. Dapat pula menggunakan ayam kampung, tetapi baiknya dipresto atau di rebus hingga betul-betul empuk terlebih dulu sebelum saat dipanggang. Tentukan ayam yang tetap fresh, memiliki ukuran pada kecil hingga tengah, serta tak terlampau berlemak. Ukuran ayam bakal memastikan saat memasaknya. Ayam yang kecil memerlukan saat memasak yang lebih singkat dibanding dengan ayam yang besar.

Ayam bakar atau panggang dapat di sajikan dalam ukuran utuh ataupun personal. Untuk ayam panggang utuh, baiknya diambil ayam memiliki ukuran kecil. Apabila mau di sajikan dalam ukuran personal, ayam umumnya dipotong jadi empat atau delapan bagian

Sebaiknya juga apabila kita memasak ayam panggang dalam potongan yang sama, umpamanya sayap ayam saja. Karena tiap-tiap orang memperoleh sisi yang sama besar serta juga sama banyak.

Agar ayam bakar/panggang yang kita buat makin lezat, maka mesti di perhatikan langkah membumbuinya. Apabila ayam mesti dimatangkan terlebih dulu berbarengan bumbu (diungkep), aduk ayam berbarengan bumbu serta tempatkan bermacam bumbu daun di basic panci. Masak dengan api kecil sembari ditutup hingga ayam berair (keluarkan kaldu), aduk sesekali serta teruskan memasak hingga airnya habis. Kemudian ayam baru siap dibakar. Janganlah lupa untuk memoleskan bekas bumbu ke atas ayam agar aromanya makin harum

Apabila ayam bakal dipanggang dalam oven, aduk ayam berbarengan bumbu terlebih dulu. Lalu taruh dalam kulkas minimum 2 jam sembari ditutup, baru lalu dipanggang. Menusuk-nusuk ayam dengan garpu sebelum saat dibumbui akan bikin bumbu makin meresap ke dalam daging hingga ayam yang dipanggang makin tajam kelezatannya.

Apabila memanggang ayam diatas bara, pakai panas yang konstan. Untuk menghindari kemungkinan ayam hangus lantaran panas yang tinggi, bungkus ayam dengan daun pisang atau aluminium foil terlebih dulu. Langkah tersebut dapat juga menghindar kulit ayam menempel di pemanggangan.

Percikkan atau berikan sedikit minyak ke atas ayam yang tengah dibakar/dipanggang agar ayam tak terlampau kering waktu masak. Apabila akan memanggang ayam dengan oven, pakai panas pada 190-200°C. Sesekali mengeluarkan pinggan diisi ayam lalu beri dengan minyak serta bumbunya. Tutup pinggan diisi ayam dengan alumunium foil akan bikin ayam masak dengan cara rata.